Selasa, 13 Desember 2016

Polarisabilitas

Polarisabilitas adalah kemudahan suatu molekul untuk membentuk dipol sesaat atau untuk mengimbas suatu molekul sedangkan Momendipol adalah ketika suatu molekul membentuk pusat muatan negatif dan pusat muatan positif, sedangkan molekul membentuk pusat muatan positif dan pusat muatan negatif disebut sebagai molekul dipolar, atau molekul yang memiliki momen dipol.
Pada umumnya ikatan antar atom dalam senyawa karbon adalah ikatan kovalen. Berdasarkan keelektronegatifan atom-atom yang berikatan, ikatan kovalen terdiri dari ikatan kovalen polar dan non polar. Pada ikatan kovalen polar terjadi pemisahan muatan, atom dengan keelektronegatifan lebih besar akan relatif lebih negatif dan atom dengan keelektronegatifan lebih kecil akan relatif lebih positif.
Contoh ikatan kovalen polar dan non polar

Pemisahan muatan pada ikatan kovalen polar menyebabkan terjadinya momen ikatan pada ikatan kovalen polar tersebut, ujung positif ke ujung negatif serta diberi garis vertikal pada awal anak panahnya.

Momen ikatan tersebut mempunyai arah dan besaran (suatu vektor). Jumlah (resultante) momen ikatan dalam suatu molekul adalah besarnya momen dipol suatu molekul. Untuk besarnya momen ikatan dan bentuk geometri suatu molekul, dapat dihitung momen dipol molekul tersebut.

Momen Dipol adalah ketika suatu molekul membentuk pusat muatan negatif dan pusat muatan positif. Molekul yang membentuk pusat muatan negatif dan pusat muatan positif disebut sebagai molekul dipolar, atau molekul yang memiliki momen dipol. Sifat dipolar dari sebuah molekul ini, biasanya digambarkan dengan adanya panah yang menunjukkan ujung negatifnya, kemudian bagian ekor(belakang) panah menggambarkan tanda positif(+).Berikut ini contohnya untuk molekul HF:




DAFTAR PUSTAKA


5 komentar:

  1. trimakasih banyak , postingannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas postingannya, sangat membantu.

    BalasHapus
  3. Elektronegativitas adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan daya tarik-menarik atom pada elektron dalam suatu ikatan. Bagaimanakah gaya tarik-menarik itu timbul?

    BalasHapus
  4. trimakasih untuk pertanyaannya, saya akan mencoba untuk menjawab,,Suatu atom dapat membentuk molekul atau ion karena adanya sifat elektronegativitas atau daya atom menarik elektron. Daya tarik-menarik timbul karena adanya perbedaan elektronegativitas pada suatu atom. Elektron yang berperan dalam hal ini adalah elektron pada kulit terluar yaitu elektron valensi

    BalasHapus
  5. Trimakasih banyak untuk postingannya.. Sangat membantu..

    BalasHapus