Rabu, 19 April 2017

Sintesis Total



Sintesis Total
Sintesis Total (Total Synthesis) adalah sintesis kimia semua senyawa organik kompleks dari bagian-bagian sederhana. Dalam melakukuan total sintesis perlu dipertimbangkan reagen dan strategi total sintesis, yaitu :
1.      Ketersedian bahan dilaboratoriumyang mudah didapat
2.      metode yang menghasilkan produk dalam jumlah banyak dengan byproduk yang paling sedikit
3.      Menunjukkan atau memastikan produk yang dihasilkan adalah produk yang benar diinginkan
Eksplorasi senyawa dari tumbuhan ataupun hewan secara langsung dapat merusak atau menggangu ekosistem, sehingga diperlukan total sintesis. Senyawa-senyawa terhalogenasi saat ini menjadi perhatian para peneliti karena halogen terbatas didalam makhluk hidup, tetapi bisa membentuk senyawa alam yang sangat bermanfaat.
Senyawa organik pertama yang berhasil disintesis dari senyawa anorganik adalah urea. Urea dapat disintesis dari senyawa yang lebih sederhana yaitu karbondioksida dan amoniak melalui proses Bosch-Meiser, berikut adalah reaksinya ;
 

 Sintesis total terus berkembang sekitar 5000 senyawa organohalida telah berhasil diisolasi dan dikaraktersasi, termasuk terpen, acetogenins, alkaloid, peptida, dan aromatik. Ahli kimia sintetis saat ini memiliki alat untuk mudah mengakses banyak dari produk alami, termasuk yang dengan cincin aromatik terhalogenasi (misalnya russuphelol, 3), halida primer (yaitu convolutamydine B, 5), atau atom halogen berdekatan dengan karbonil (Yaitu cavernicolin 1,7) .
 
Dalam upaya untuk menghindari kesulitan mendorong cyclizations tersebut dengan sumber brom elektrofilik khas, lebih banyak upaya sintetik baru-baru ini telah memanfaatkan reagen lebih eksotis, seperti 2,4,4,6-tetrabromocyclohexa-2,5-dienone (TBCO, ditampilkan di kanan atas Skema 2) atau bis-piridin / bis-collidine garam bromonium. Sayangnya, reagen ini telah terbukti hanya sedikit yang sukses mungkin karena kehadiran nukleofilik dan / atau komponen dasar.

Daftar Pustaka
Treitler, D. S. . 2012. Reagents and Strategies for the Total Synthesis of Halogenated Natural Products. USA : Columbia University.
 

10 komentar:

  1. tolong berikan contoh lain dari sintesis total yang mudah dipahami selain contoh di atas, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh lain selain urea adalah Sintesis total Taksol Mukaiyama (konstruksi cincin B) yang mana Mukaiyama menggunakan reaksi ini pada sintesis total taksol

      Hapus
  2. Bagaimana cara menentukan reagen yang baik dalam total sintesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Ketersediaan bahan dilaboratorium yang mudah dan memungkinkan
      2. Ketersediaan senyawa di alam yang mudah di temukan
      3. Pemilihan metode dalam pembuatan senyawa. Metode yang menghassilkan produk dalam jumlah yang banyak dengan produk samping (By Product) yang sedikit mungkin
      4. Menentukan dan memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan

      Hapus
  3. bagaimana menentukan restrosintesis pada suatu senyawa bahan alam dengan cincin aromatik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara alam merekayasa dan menentukan bahan dasar apa saja yang dapat digunakan untuk proses restrosintesis

      Hapus
  4. Telah dijelaskan pada materi diatas bahwa sintesis baru-baru ini memanfaatkan reagen yg lebih eksotis, reagen yang eksotis itu maksudnya apa ya, mohon dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan yang menyebabkan atau dikonsumsi dalam suatu reaksi kimia yang mempunyai daya tarik yang khas

      Hapus
  5. apa syarat utama terjadinya total sintesis itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. reagen gugus pelindung harus bereaksi selektive.
      2.gugus pelindung tidak mengalami deprotonasi
      3. gugus pelindung harus secara selektor harus dengan reagen deproteksi, dan tidak merusak hasil reaksi( meenganggu kestabilan gugus fungsi yang baru terbentuk ).
      4. gugus pelindung tidak mempunyai gugus fungsi yang lain.

      Hapus